Film Ip Man 4 diboikot Pendemo Hongkong

February 20, 2024

Deskripsi singkat: Setelah Mulan yang digarapnya, produser Raymond Wong hadapi pemboikotan pada filmnya Ip Man 4: The Finale dari para pendemo Hongkong.

Kabar datang dari Hongkong atas sikap pendemonya kepada film Ip Man 4: The Finale. Para pendemo itu memboikot film tersebut untuk menentang sikap pro-Beijing dari sang produser, Raymond Wong dan juga pemerannya, Donnie Yen dan Danny Chan.

Pendemo Hongkong Boikot Ip Man 4: The Finale

Boikot ini pasalnya diorganisir para pengguna forum yang mana mirip dengan situs Reddit, LIHKG. Forum itu pasalnya diketahui menjadi salah satu pusat strategi gerakan pro-demokrasi Hongkong yang mana dimulai Juni 2019 lalu.

Tak Cuma pengunjuk rasa yang meremehkan film itu saja, mereka pun juga secara aktif mengajak orang lainnya untuk tak menontonnya dengan cara merusak alur cerita film itu di beberapa platform media social misalnya Faceook, Instagram dan Twitter lewat “Ip Man Challenge.”

Banyak yang tersebar di dunia maya tentang pengumuman yang isinya spoiler plot utama dalam Bahasa China dan Bahasa Inggris. Bersama dengan itu kemudian muncul tagar #boycottIPMan4. Dikutip dari CNN Indonesia, mereka yang mana memboikot film tersebut adalah sebuah bentuk peringatan keras atas kecenderungan politik produser dan juga aktor film Ip Man 4: The Finale tersebut.

Wong pasalnya telah dikenal membuat sikap pro-Cina terutama beberapa tahun terakhir ini, setelah ia mengorganisir dana untuk organisasi anti-Occupy Centra; pada tahun 2014 silam. Dan ia juga secara vocal lebih sering mengritik kemenangan film terbaik yang mana dipilih secara demokratis dari Ten Years di ajang Hongkong Film Awards 2015.

Saat itu, Wong menyebutkan kemenangan film pada ajang tersebut adalah “kesalahan besar” dan juga “sebuah lelucon” walaupun itu menjadi konsesus anggota industry film. Sedangkan Yen, sempat juga berbagi panggung dan juga bernyanyi dengan pemimpin China Xi Jinping di sebuah gala yang dihelat untuk memperingati peringatan 20 tahun penyerahan Hongkong pada 2017 lalu.

Sementara itu, untuk Chan, yang memerankan Bruce Lee dalam film terbarunya, sudah secara terang-terangan mendukung kepolisian Hongkong. Ia mengunggah di media social milikny bahwa polisi tak boleh begitu saja “percaya pada (pengunjuk rasa)” atau “membiarkan siapa saja dari mereka pergi.”

Tentang Film Ip Man 4: The Finale

Seri keempat dari waralaba Ip Man ini bisa dikatakan sebelumnya sukses besar dengan berhasil memecahkan rekor box office film Asia di China, Singapura dan Taiwan. Sedangkan di Hongkong, film ini berhasil meraih pendapatan yang besar yaitu US$ 660 ribu atau setara dengan Rp. 9,2 miliar sejak ditayangkan Jumat lalu. Film Ip Man 4: The Finale ini jga berhasil menduduki posisi kedua setelah Star Wars: The Rise of Skywalker. Film ini juga berhasil memenangkan beragam penghargaan.

Sebagai salah satu film dengan profil yang tinggi Hongkong yang mana dirilis tahun ini, produksi dengan China, Ip Man 4: The Finale dipandang sebagai “produk biru” dan juga melambangkan sifat kolaborasi China-Hongkong yang dianggap cenderung sesuai dengan penonton China, malahan dianggap mengorbankan penonton Hongkong.

Produser veteran Wong sendiri meresmikan waralaba film Ip Man pada tahun 2018 dan menjadikan Pulsa777 bintang serta membuka jalan bagi keterlibatannya dalam produksi film Holkywood, bahkan termasuk juga spinoff Star Wars Rogue One dan juga memproduksi ulang film animasi Disney, yang akan dijadikan live-action, Mulan.

Sebelumnya Mulan malah sudah menjadi subyek boikot setelah pemeran utamanya, Crystal Liu, menyarakan dukungan untuk polisi-polisi Hongkong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *