Ashfall: Film Bencana Korea yang Melejit di Pekan Pertama Tayang

February 19, 2024

Deskripsi singkat: Film Ashfall, film yang bercerita tentang bencana di Korea akibat letusan gunung vulkanik, berhasil menembus 2 juta penonton di pekan pertama tayangnya.

Satu minggu sejak tayang perdana di Korea Selatan, film lokalnya, Ashfall jadi salah satu film paling laris yang dirilis di tahun 2019. Jika anda masih ragu menontonnya, berikut ini serba-serbi film Ashfall yang kita bicarakan ini.

Sinopsis Film Ashfall

Film dengan genre laga ini dibintangi oleh Ma Dong Seok dan Bae Suzy. Dikisahkan dalam film ini letusan gunung vulkanik yaitu Gunung Baekdu di era modern. Letusan yang terjadi ini kemudian mengakibatkan kekacauan dikarenakan khawatir bakal melenyapkan Semenanjung Korea.

Kemudian sebuah tim ditugaskan guna berupaya menghentikan letusan bagi gunung ‘suci’ penduduk Korea tersebut. Pakar ledakan, Ha Jung Woo, mesti bekerja sama dengan pejabat khusus Korea Utara, Lee Byung Hun dan juga pakar geologi nomor satu, Ma Dong Seok. Mereka bekerja sama untuk menghentikan bencana yang sangat dahsyat. Bencana ini diceritakan bisa berpotensi menyebabkan Korea menghilang dari peta dunia untuk selama-lamanya.

Gunung Baekdu diekspos di Film Ashfall

Gunung Baekdu adalah salah satu gunung aktif di perbatasan antara China dan Korea Utara. Gunung yang paling tinggi di Semenanjung Korea ini pasalnya memiliki peran yang sangat penting dalam kebudayaan masyarakat Korea.

Mereka percaya bahwa danau kaldera yang ada di Gunung Baekdu adalah rumah spiritual mereka. Kaldera itu sendiri pasalnya tercipta dari letusan hebat yang mana diduga terjadi pada tahun 946 Masehi dan kemudian menyebabkan iklim di Manchuria.

Film Ashfall ini digarap sutradara Lee Hae-jun dan juga Kim Byung-seo. Film ini tak main-main karena menapuk sejumlah aktor kenamaan seperti misalnya Ma Dong-seok alias Don Lee, Lee Byung-hun. Ha Jung-woo, Jeo Hye-jin, dan Bae Suzy. Film yang bercerita tentang bencana ini ada di bawah naungan produksi Dexter Studios yang mana sebelumnya telah menuai sukses besar dengan Along with the Gods.

Raih 2 Juta Penonton di Pekan Pertama Tayang

Sejak tayang perdana di Negara Gingseng sepekan lalu itu, film Ashfall ini bisa berhasil bertahan dalam pertarungan box office dengan jumlah angka yang sangat baik. Film ini berhasil mencapai 1 juta penonton bioskop di hari ketiganya! Di hari keempat, film ini berhasil meraih 2 juta penonton, dan di hari keenamnya mereka sudah berhasil mengumpulkan 3 juta penonton. Per Rabu (25/12), film Ashfall sudah melampaui 4 juta penonton di pukul 15.17 waktu setempat, yaitu tepat seminggu setelah tayang.

Kecepatan film Ashfall meraih 2 juta penonton di pekan pertamanya ini terbilang kilat slot online karena mengingat sebelumnya, atau pun pada tanggal 21 Desember 2019, film yang bercerita tentang bencana alam ini baru menembus 1 juta penonton saja. Film yang dibuka dengan 450 ribu penonton di hari perilisannya yakni 19 Desember 2019 disusul dengan 424 penonton di hari keduanya. Akan tetapi tanggal 21 Desember penjualan harian tiket kemudian melonjak 2 kali lipat atau kira-kira 798 ribu penonton di hari tersebut.

Capaian ini pasalnya menjadi catatan yang amat sangat mengesankan, karena bisa mengalahkan waktu yang diperlukan untuk Extreme Job (8 hari), Veteran (9 hari), The Thieves (8 hari), dan juga Ode to My Father (12 hari) untuk mencapai tonggak yang sama juga dengan Ashfall. Setelah rilis tanggal 19 Desember di Korea, Ashfall dijadwalkan rilis di Indonesia pada tanggal 8 Januari mendatang. Apakah anda sudah tak sabar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *